Teknologi Komputasi Awan


Cloud Computing ranjaniryan

Apakah Komputasi Awan itu?

Komputasi awan (Cloud Computing) adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dan pengembangan berbasis Internet (awan). Awan (cloud) adalah metafora dari internet, sebagaimana awan yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer. Sebagaimana awan dalam diagram jaringan komputer tersebut, awan (cloud) dalam Cloud Computing juga merupakan abstraksi dari infrastruktur kompleks yang disembunyikannya.

Cloud computing menyediakan komputasi, perangkat lunak, akses data, dan layanan penyimpanan yang tidak memerlukan pengguna akhir pengetahuan tentang lokasi fisik dan konfigurasi dari sistem yang memberikan layanan. Sejalan dengan konsep ini dapat ditarik dengan jaringan listrik, dimana pengguna akhir mengkonsumsi daya tanpa perlu memahami komponen perangkat atau infrastruktur yang dibutuhkan untuk menyediakan layanan.

Cloud computing menggambarkan suplemen baru, konsumsi, dan model pengiriman untuk layanan TI berbasis pada protokol internet, dan biasanya melibatkan penyediaan sumber daya secara dinamis scalable dan sering virtualisasi. Ini mungkin mengambil bentuk berbasis web tools atau aplikasi yang pengguna dapat mengakses dan menggunakan melalui browser web.

Penyedia komputasi awan memberikan aplikasi melalui internet, yang diakses dari browser web dan aplikasi desktop dan mobile, sedangkan perangkat lunak bisnis dan data disimpan di server. Dasar dari komputasi awan ialah konsep yang lebih luas dari konvergensi infrastruktur dan layanan bersama. Ini jenis lingkungan data center memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan aplikasi mereka dan berjalan lebih cepat, dengan pengelolaan lebih mudah dan memungkinkan untuk lebih cepat menyesuaikan sumber daya (seperti server, storage, dan jaringan) untuk memenuhi permintaan bisnis berfluktuasi dan tak terduga.

Komputasi awan merupakan tren teknologi terbaru lain yang dikenal luas yang berupa ketergantungan terhadap Internet untuk memberikan kebutuhan komputasi pengguna. Sebagai contoh, Google Apps menyediakan aplikasi bisnis umum secara daring yang diakses melalui suatu penjelajah web dengan perangkat lunak dan data yang tersimpan di server. Komputasi awan saat ini merupakan trend teknologi terbaru, dan contoh bentuk pengembangan dari teknologi komputasi awan ini adalah iCloud, Dropbox, Skydrive dll.

Jangan lupa subscribe JANUARYAN.com dan CODEYAN.com untuk mendapatkan artikel terbaru seputar teknologi, games, programming, Virtual Reality, Insight, Ideation, Startup, Opinion dll. Ikuti kami juga di sosial media di Facebook JANUARYAN dan CODEYAN, GooglePlus JANUARYAN dan CODEYAN, channel Youtube Ryan RA dan Januaryan Games, di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @JanuaryanID dan @ranjaniryan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s