10 Tips untuk Programmer di Industri Game


10 tips untuk programmer di bidang game development :

  1. Learn to be an effective communicator. Sebagian besar programmer di game dev tidak bekerja sendiri, namun dengan tim. Kemungkinan besar programmer harus bekerja dengan programmer lain, orang dari bagian art, atau bahkan dengan pekerja outsource. Komunikasi yang dimaksud bukan hanya jelas dalam mengeluarkan pendapat, namun juga dapat memahami dan melihat dari sudut pandang lawan bicara.
  2. Master the basics. Jangan menyepelekan matematika dan logika, karena hal-hal itu akan terus digunakan dalam pekerjaan ini. Tingkatkan kemampuan debugging dengan banyak berlatih. Jika tidak dapat menentukan struktur data yang cocok untuk suatu masalah, kemungkinan kode yang dihasilkan juga tidak akan baik.
  3. Code defensively. Selalu membuat kode secara defensif, periksa setiap input untuk fungsi yang dibuat, buat assertion, kembalikan pesan error yang jelas dan berarti, dan beri komentar pada kode yang dibuat.
  4. Have passion for games. Bidang ini adalah bidang yang menyenangkan namun sangat berat. Banyak lembur, bug list, feature creep, dan lain-lain. Jangan sampai beban di pekerjaan membuat semangat hilang.
  5. Maintain healthy work/life balance. Crunch adalah hal yang biasa ditemui di game development. Seimbangkan hidup di luar pekerjaan dan jaga kesehatan untuk menikmatinya.
  6. Ask for help. Jangan malu bertanya atau meminta bantuan pada orang lain. Know what you dont know.
  7. Learn multiple languages. C++ itu wajib. Lalu sebaiknya pelajari bahasa pemrograman lain. Karena dapat memberi pola pikir baru dalam memecahkan sebuah masalah. Disarankan mempelajari suatu bahasa baru setiap tahunnya.
  8. Don’t lose sight of the big picture. Dalam sebuah game akan banyak sekali kebutuhan, namun tidak semuanya dapat dipenuhi. Namun tujuannya tetap membuat game terbaik yang bisa dibuat.
  9. Learn the code base. Sebagian programmer mengerjakan suatu bagian kecil dari game, AI, UI, Rendering, Physics, atau tools. Sebaiknya programmer dapat memahami secara garis besar bagaimana game secara keseluruhan bekerja, karena setiap bagian yang dibuat akan berinteraksi.
  10. Stay current. Pendidikan tidak berhenti saat mulai bekerja. Terus pelajari hal-hal baru, berlatihlah dengan membuat proyek pribadi, ikuti perkembangan industri dengan membaca berita atau mengikuti konferensi seperti GDC.

Thanks to DeepSkyStudio

Jangan lupa subscribe JANUARYAN.com dan CODEYAN.com untuk mendapatkan artikel terbaru seputar teknologi, games, programming, Virtual Reality, Insight, Ideation, Startup, Opinion dll. Ikuti kami juga di sosial media di Facebook JANUARYAN dan CODEYAN, GooglePlus JANUARYAN dan CODEYAN, channel Youtube Ryan RA dan Januaryan Games, di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @JanuaryanID dan @ranjaniryan.

Advertisements

4 thoughts on “10 Tips untuk Programmer di Industri Game

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s