Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org


WordPress

Sebelumnya saya telah membahasa tentang wordpress. Kali ini saya akan membahas tentang perbedaan WordPress.com dengan WordPress.org. Mungkin anda pun yang baru mengenal wordpress masih bertanya-tanya tentang WordPress.com dan wordpress.org. Pertanyaan tersebut juga saya alami ketika pertamakali mengenal wordpress, dan pertama kalinya saya menggunakan layanan gratis dari wordpress.com

WordPress sendiri memliki dua platform yaitu wordpress.com dan wordpress.org. Untuk lebih jelaskan saya akan menjelaskan di artikel ini.

WordPress.com

WordPress.org

Free
Untuk memiliki domain anda harus upgrade domain

Harus Upgrade Domain

No Custom Thema
Anda hanya bisa menggunakan thema yang sudah disediakan di wordpress.com. Thema pun terbatas, dan custom thema pun sangat terbatas
Full Custom Thema
Anda bebas menggunakan Thema. Selain itu anda pun bisa memakai thema buatan anda sendiri dan anda pun bebas mengcustomnya.
No Plugins
Plugin sudah disediakan oleh wordpress.com. Anda juga tidak bisa memakai plugin dari luar dan mengcustom plugin
Plugins Bebas
Plugins bebas menggunakan plugins dari luar dan mengcustomnya. Anda juga bebas menggunakan plugin dengan gratis ataupun berbayar.
Bebas Maintenance

Tidak direpotkan dengan urusan teknis seperti maintenance hosting atau domain

Wajib Maintenance

Maintenance atau pemeliharaan sepenuhnya ada di anda sendiri secara teknis anda harus melakukan pemeliharaan secara berkala. Seperti urusan hosting. Selain itu anda juga harus memelihara plugins seperti mengupdatenya, pemeliharaan lainnya seperti membackup database, cahce dll.

Terhubung ke Network
Dengan WordPress.com anda bisa terknonesi dengan pengguna wordpress lain. Dengan bisa terhubung dengan network ini mempunyai kelebihan yaitu anda bisa saling mengikuti dengan pengguna wordpress lain dan meningatkan pengunjung.
Tidak Terhubung ke Network
Anda tidak bisa terhubung ke network dengan kata lain anda tidak bisa terhubung ke wordpress.com. Untuk mengatasi hal ini anda hanya bisa menggunakan plugin Jetpack tapi anda tidak bisa saling mengikuti seperti halnya wordpress.com selain itu anda juga bisa meningkatkan traffic secara drastis karena anda harus membangun sendiri network dan untuk mengatasi ini anda harus bisa mempelajari beberapa hal seperti SEO atau dari segi cloud juga.
Bebas Monetasi
Untuk Monetasi anda memiliki kendali penuh, seperti memilih layanan iklan, jenis iklan, mengatur tata letak iklan. dengan bebas monetasi anda dapat juga pendapatan dari blog anda dengan menggunakan layanan monetasi.
Monetasi Terbatas
Yang saya ketahui wordpress.com akan menampilkan iklan pada blog dengan pengunjung di atas 25.000 pengunjung/bulan. Selain itu pendapatan di bagi dua dengan wordpress.com

Jadi anda akan menggunakan wordpress.com atau WordPress.org?

Sebagai tips dari saya jika anda tidak ingin dibebankan untuk soal teknis dan anda hanya ingin blogging saya saranan anda memakai wordpress.com. Dan untuk anda yang senang dengan custom, mengembangkan, selain itu meningkatkan traffic yang tinggi anda lebih baik menggunakan wordpess.org.

Jangan lupa subscribe JANUARYAN.com dan CODEYAN.com untuk mendapatkan artikel terbaru seputar teknologi, games, programming, Virtual Reality, Insight, Ideation, Startup, Opinion dll. Ikuti kami juga di sosial media di Facebook JANUARYAN dan CODEYAN, GooglePlus JANUARYAN dan CODEYAN, channel Youtube Ryan RA dan Januaryan Games, di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @JanuaryanID dan @ranjaniryan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s