Apa Tren Inovasi Game di 2014?


game

Playstation 4 dan Xbox One adalah dua konsol game yang meluncur di akhir tahun 2013 ini. Boomingnya memang akan terasa sepanjang tahun 2014 dan seterusnya nanti.
Tapi itu bukan satu-satunya tren yang bakal meriuhkan dunia game tahun depan. Karena diprediksi akan ada inovasi lainnya yang bakal memeriahkan kancah permainan elektronik ini.
Inovasi ini tentu saja akan memanjakan gamers agar lebih asyik bermain game di mana pun dan kapan pun.
Nah, apa saja inovasi game yang bakal terjadi di 2014? Simak hasil kutipan dari Mashable

1. Assertive Display

Assertive Display

Perangkat smartphone masih akan berfungsi ganda sebagai konsol game portabel, bahkan jumlah penggunanya akan terus meningkat. Semakin hari akan semakin banyak game berkelas di ponsel cerdas, namun bukan itu masalah utamanya.
Karena sifatnya yang mobile, rasanya banyak pengguna mengeluhkan layar yang backlight akibat terpapar di bawah sinar matahari. Saat ini sudah ada penyelesaian dari masalah tersebut, yakni inovasi layar Assertive Display, yang mampu meredam noise akibat terkena sinar matahari. Nah, di tahun 2014 nanti inovasi yang dimaksud akan semakin popular dipasangkan di sejumlah perangkat hiburan mobile, tentu saja paling banyak dilakukan di smartphone.

 

2. Virtual dan Augmented Reality (AR)

2Virtual dan Augmented Reality (AR)

Teknologi Augmented Reality memang bukan inovasi baru, karena sejatinya sudah dikembangkan sejak beberapa tahun belakangan. Di tahun 2014 nanti, inovasi ini akan semakin masuk ke dunia game.
Pengembangan AR, akan membuat permainan game tak lagi monoton dan konvensional. Karena game dengan dunia virtualnya akan semakin nyata dan dekat.
Ocolus Rift adalah salah satu perusahaan yang tengah mengembangkan game virtual tersebut. Mungkin saja semakin dekat kehadirannya, karena sudah ada 10 ribu kit yang beredar, dan artinya ada banyak pengembang yang bekerja menciptakan sesuatu yang menakjubkan ini.
Kecenderungan lain adalah augmented reality seperti yang terlihat dalam video di bawah ini. Memungkinkan pemain untuk berinteraksi dengan satu set permainan di dunia mereka sendiri.

 

3. Teknologi Motion Sense Semakin Pintar

Teknologi Motion Sense Semakin Pintar

Yaps, betul sekali Microsoft tengah mengembangkan sebuah inovasi lebih pintar bernama teknologi Motion Sense yang dibenamkan di Kinect terbaru.
Bukan sekedar itu saja, teknologi motion sense yang dikembangkan Microsoft akan jauh lebih pintar dalam menangkap gerakan dan tentu saja semakin intim saat bermain game.
Walau tak mirip, PlayStation 4 punya PS Camera dan PS Move yang sensasinya tak jauh berbeda. Dengan semakin banyak game untuk teknologi ini, diprediksi bahwa akan booming di tahun depan.

 

4. Konsol Layar Ganda

Konsol Layar Ganda

Pewrforma Wii U di pasaran memang tak sesuai dengan yang diharapkan, namun yang pasti konsol game besutan Nintendo ini memberikan dorongan lain kepada pengembang.
Ya, Wii U memberikan jalan untuk perangkat game dengan layar ganda seperti layar kedua. Kabarnya, Microsoft tengah mengembangkan apa yang disebut Xbox SmartGlass.
Dengan kehadiran layar kedua, bermain game semakin seru dan interaktif. Dengan gameplay menarik, tentu saja diharapkan akan ada konsol game dengan tambahan layar seperti ini.

5. Semakin Terhubung Ke Sosial

Semakin Terhubung Ke Sosial 

PlayStation 4 tak cuma menawarkan sesuatu yang baru dari sisi hardware, namun juga bagaimana cara bermain dengan sesama pemain yang terhubung ke online.
Sesuatu yang sebenarnya bukan hal baru ini, diprediksi akan meledak di tahun 2014, pemain tak hanya monoton di dunianya sendiri saja, namun juga akan didorong untuk lebih interakitf dengan teman-temannya.
Bermain strategi atau butuh bantuan, akan membuat permain semakin sosial dan interaktif. Mau tak mau, penetrasi internet pun sangat dibutuhkan oleh pengguna konsol game.

Jangan lupa subscribe JANUARYAN.com dan CODEYAN.com untuk mendapatkan artikel terbaru seputar teknologi, games, programming, Virtual Reality, Insight, Ideation, Startup, Opinion dll. Ikuti kami juga di sosial media di Facebook JANUARYAN dan CODEYAN, GooglePlus JANUARYAN dan CODEYAN, channel Youtube Ryan RA dan Januaryan Games, di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @JanuaryanID dan @ranjaniryan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s