Teknologi RealSense


 

Sebelumnya saya pernah menulis juga tentang Teknologi dari Perceptual Commputing. Sekarang Perceptual Commputing berganti nama menjadi RealSense.RealSense ini teknologi berbasis kamera yang mengubah cara berinteraksi tidak hanya dengan perangkat tetapi dengan dunia di sekitar dari sensor audio sampai visual dengan mendeteksi mulai gerakan, suara, gesture sampai ke expresi wajah.

Intel Perceptual Commputing    camera realsense

Secara fisik perubahan camera Perceptual Commputing “Developer Kit” tidak terlalu berbeda jauh dengan camera RealSense. Untuk desainnya saya lebih suka dengan versi sekarang Open-mouthed smile. Untuk beratnya saya cuman tau yang Perceptual Commputing sekitar 1kg. Yang saya tau camera RealSense akan tersedia di kuartal 4 2014, ya sekitar awal 2015 akan tersedianya. Dan di tahun 2015 camera Realsense akan ditanam ke dalam semua device yang berbasis intel processor. Dan camera  ini akan tersedia secara cuma-cuma disetiap pembelian produk intel processor seperti laptop, tablet dan smartphone akan akan dilengkapi dengan camera RealSense.

intel realsense 3D face  intel realsense Hand and Finger Tracking

Kemampuan kamera RealSense mampu mendetelsi 78 titik wajah dengan peningkatan akurasi 3D dan memungkinkan untuk mendeteksi keberadaan wajah dalam jarak kamera. Kamera RealSense ini juga mampu melacak dan mengenali pose kepala serta mengenali ekspresi dan emosi seperti sedih, marah, senang, frustasi dan terkejut berdasarkan landmark wajah .Sedangkan untuk pergelangan tangan, kamera RealSense mampu mendeteksi 22 sendi di satu telapak tangan. RealSense SDK for Windows Beta sudah tersedia kemarin, bagi kalian yang ingin mencobanya bisa di download secara gratis.

screen-shot-2014-08-28-at-11-26-05-pm
screen-shot-2014-08-28-at-11-26-12-pm
Beberapa gambar dari intel.com

Di tahun ini RealSense juga mengadakan kompetisi RealSense Challenge, yang sebelumnya pada tahun 2013 bernama Perceptual Commputing Challenge. Ditahun 2013 kemarin Indonesia mendapat peringkat ke empat dengan jumlah peserta terbanyak dan salah satu finalist dari Indonesia juga ada yang menjurai Perceptual Commputing. Harapannya di tahun sekarang yang saya dapat kabar lewat mail developer Indonesia bisa berkontribusi mengikuti kompetisi RealSense ini.

Untuk mengikuti kompetisi ini caranya cukup mudah. Masuk RealSense Challenge, kalau kalian finalist Perceptual Commputing 2013 resgistrasi di Ambassador dan yang baru registrasi di Pionner, lalu submit ide kalian. Ide yang menarik dan kreatif akan dipilih dan mendapatkan camera RealSense secara FREE.  Lalu kalian harus mensubmit prototype dari ide kalian. Tips aja ide kalian selain kreatif harus inovatif dan lengkapi juga ide kalian dengan gambar dan video. Deadlinenya tinggal tiga hari lagi sampe 1 Oktober 2014. Jangan lupa daftar dan submit ide kalian di RealSense Challange.

Jangan lupa subscribe JANUARYAN.com dan CODEYAN.com untuk mendapatkan artikel terbaru seputar teknologi, games, programming, Virtual Reality, Insight, Ideation, Startup, Opinion dll. Ikuti kami juga di sosial media di Facebook JANUARYAN dan CODEYAN, GooglePlus JANUARYAN dan CODEYAN, channel Youtube Ryan RA dan Januaryan Games, di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @JanuaryanID dan @ranjaniryan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s