Mengenal Open Data dan Perkembangan Open Data di Indonesia


Gambar di ambil dari dataversity
Gambar di ambil dari dataversity

Open Data menurut Open Definition adalah data yang secara bebas dapat digunakan, digunakan-ulang dan di distribusikan kembali oleh siapa saja, data harus tersedia secara keseluruhan, lebih disarankan dapat diunduh dari internet, dan harus tersedia dalam bentuk yang nyaman dan dapat dimodifikasi, serta dapat digabung dengan data lain. Open Data pun yang terpenting dapat dapat di akses secara publik, salah satunya dengan mengembangkan API (Application Programming Interface) supaya memudahkan untuk seorang developer (pengembang) untuk dikembangkan kembali.

Nah bagaimana perkembangan Open Data di Indonesia sendiri, apakah sudah melakuka Open Data? Untuk di Indonesia sudah 3 kota yang melakukan program Open Data yaitu DKI Jakarta, Bandung dan Bojonegoro Keterbukaan data tersebut sangat memudahkan pengembang untuk mengaksesnya dalam bentuk API. Dengan menggunakan API ini, developer dapat memanfaatkan API untuk membuat sebuah aplikasi yang bermanfaat dan mudah di akses oleh masyarakat bisa berupa aplikasi mobile, dekstop, web bahkan bisa di buat sebuah game.

Portal Data Indonesia

Salah satu keterbukaan data yang dapat diakses oleh pengembang yaitu Portal Data Indonesia. Portal Data Indonesia menyajikan dataset dan statistik dari berbagai bidang, seperti kesehatan, kependudukan, ekonomi dan lingkungan. Data yang tersedia di Data ID ini bisa di akses secara gratis dan bebas selain itu Data ID dikembangakan secara Open Source. Dan untuk developer tersedia API yang ingin memanfaatkan data-data yang tersedia di Data ID yang dapat di akses secara gratis tentunya.

Jangan lupa subscribe JANUARYAN.com dan CODEYAN.com untuk mendapatkan artikel terbaru seputar teknologi, games, programming, Virtual Reality, Insight, Ideation, Startup, Opinion dll. Ikuti kami juga di sosial media di Facebook JANUARYAN dan CODEYAN, GooglePlus JANUARYAN dan CODEYAN, channel Youtube Ryan RA dan Januaryan Games, di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @JanuaryanID dan @ranjaniryan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s