Mengasah Kemampuan


kembali-menulis-blog-ranjaniryan

Belajar itu tidak kenal usia, anak-anak, muda ataupun tua. Belajar juga tidak ada kata terlambat, selagi saya masih kuliah banyak lah belajar, kalua sudah kerja takutnya waktu terkikis dengan kerjaan. Masa kuliah dimana masa di sibukan dengan tugas kampus yang menumpuk, alhasil waktu pun terkikis, selagi bias mengatur waktu kuliah, sempatkanlah waktu senggang kamu untuk belajar di ilmu di luar mata kuliah ,sesuai dengan hobi atau sesuai passion kalian.

Saya sendiri orangnya senang dengan hal baru yang mungkin belum pernah saya coba. Saya kebanyakan belajar dari beberapa blog atau website yang sudah menjadi acuan bacaan pagi dan malam, kadang saya sampai ngesave page blog tutorial itu, ntah sudah berapa giga saya save page web, karena sewaktu say abaca kadang tidak selesai baca dan kadang blog itu sangat penting juga.

Selain itu karena saya paling sering belajar tutorial dari Youtube, bias di bilang tutorial yang syaa dapat paling banyak di Youtube karena saat menonton saya langsung mempraktekan juga. Di sisi lain karena saya orangnya tidak mempunyai kuota data internet yang gede dan tidak langganan layanan internet kabel, jadi saya langsung download saja tutorialnya. Selain Youtube pas pertama-tama keseringan ikut course juga di Microsoft Virtual Academi (MVA). Bisa di bilang MVA ini tempat belajarnya anak IT, selain course juga MVA ini ada live streaming saat event-event juga. Dan saya juga baru sadar ternyata saya dapet course gratis juga di Pluralsight, kedepannya saya akan ambil juga.

Ini beberapa list skill yang harus pelajari :

  • Belajar Web Development. ini yang sedang saya pelajari untuk lebih memperdalam lagi.
  • Belajar Game Development lagi. Passion pertama saya yang bikin saya dating terus ke Meetup, harus memperdalam lagi karena hampir setahun lebih saya berhenti belajar game terutama belajar Unity yang sempat berhenti, mari buka kembali Unity3D
  • Belajar Mobil Programming. Basicnya hampir sama kaya game, kalua udah ngulik di web implementasinya tidak beda jauh
  • Belajar beberapa Programming Languange. Bisa dibilang ini dari keseluruhannya, tapi di sisi lain karena Bahasa pemprograman sangat banyak saya memfokuskan selain yang di atas, Python, Go, Ruby, C#, HackLang, Bash, Java, Scala, *waduh banyak banget*. Saya belajar secara bertahap dan sesuai kebutuhan saja.
  • Belajar 3D. Mungkin ini kesulitan saya saat membuat game memakai Unity3D karena saya sendiri tidak terlalu mahir dalam membuat karakter 3D, dan keseringan mendownload asset gratis, Ini yang sempat belum saya pelajari dari dulu.
  • Belajar Illustrasi juga. Mulai dari karakter, animation, ya bisa dibilang saya belajar design untuk asset game dan ilustrasi gambar juga.
  • Belajar IoT (Internet of Things) dan Smart Energi. Bermula dari bacaan artikel 2012 dan tidak menyangka di 2015 ini IoT menjadi tren di seluruh di dunia terutama Indonesia. Dan di Indonesia saya mulai belajar IoT bersama komunitas IoT for Bandung. Setidaknya saya pengen terapkan IoT untuk kamar sendiri.
  • Belajar Server. Untuk belajar satu ini masih coba-coba di laptop sendiri. Masih berharap punya CPU khusus server.
  • Belajar Hardware. Bisa dihubungkan juga dengan IoT, karena saya orang software untuk belajar solder menyolder cukup menarik untuk orang software.
  • Mulai belajar tentang Data (Big Data, Data Scients, Data Mining, Open Data). Mungkin yang satu ini masih awam di Indonesia, terutama untuk data mining sudah tidak asing lagi dan Big Data lagi hangat di Indonesia. Saya belajar ini karena selain sangat menarik dan malah di kampus belum dibahas, jadi dari tahun kemarin say abaca-baca artikel ini dan cukup menarik untuk riset. Ingsyalloh juga untuk skripsi juga saya ingin mengambil thema ini dan thema game juga menarik.
  • Belajar Security. Yang satu ini belum kesampean dari dulu, semoga bisa belajar ilmu security ini.
  • Belajar Video Editing. Belum kesampean lagi setelah saya tidak aktif di komunitas video di kampus.

Selain di atas masih banyak juga yang belum kesampain untuk belajar. Selain mangatur wakt, displin untuk belajar juga harus. Ya semoga kedepannya saya bisa belajar lebih giat lagi dan memperbanyak belajar dari course yang belum sempat saya gunakan juga code gratis kuponnya.

Barangkali ada skill yang harus pelajari selain berhubungan dengan IT, boleh loh di share juga di comment.

Jangan lupa subscribe JANUARYAN.com dan CODEYAN.com untuk mendapatkan artikel terbaru seputar teknologi, games, programming, Virtual Reality, Insight, Ideation, Startup, Opinion dll. Ikuti kami juga di sosial media di Facebook JANUARYAN dan CODEYAN, GooglePlus JANUARYAN dan CODEYAN, channel Youtube Ryan RA dan Januaryan Games, di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @JanuaryanID dan @ranjaniryan.

 

Leave a Reply

