Web, Mobile dan Game Development


web, mobile and game dev

Beberapa hari ini banyak pertanyaan yang diajukan ke saya tentang dunia teknologi. Ya bisa dibilang ketika belajar di bidang IT itu sangat luas, sangking luasnya sampai tidak tahu harus focus kemana kita belajarnya, Security, Web Development, Mobile Development, Game Development, Data dll. Pertanyaan ini pun sempat dilontarkan beberapa teman dekat beberapa tahun yang lalu. “Mau fokus dimana dibidang IT nya?” pertanyaan yang membuat saya bingung juga ketika baru masuk kuliah, dan saya bilang “lihat sajalah nanti”

Pertanyaan yang dulu sempat banyak ditanyakan pun muncul kembali ketika saya melakukan Kerja Prakerin yang ditempatkan di bagian Game Development. Sebenarnya dari dulu ketika semester dua sangat tertarik dengan Game Development. Sayang di kampus sendiri tidak di ajarkan tentang Game development bahkan Programming OOP pun hanya dasar. Dan baru kerasa bahwa programming OOP pun harus benar-benar dilatih supaya terbiasa. Bahkan sebelum programming saya sendiri di ajakran untuk membuat arsitektur programmingnya. Fungsinya untuk memudahkan kita supaya dapat di implementasikan saat programming, seperti c objek berjalan, menembak, lompat atau memukul. Sederhananya apa yang dibutuhkan objek ini untuk implementasi programmingnya.

Web, Mobile dan Game Development sempat saya belajar semuanya. Tapi belum sampai mendalami. Di Web sendiri saya lebih prefer ke Front End, untuk Back End masih belajar. Sedangkan di Mobile saya lebih ke Windows Phone mungkin karena pertamanya kebutuhan. Sedangkan di Game Development pertama coba pakai Construct 2, mungkin karena saya tidak pandai programming :D. Lalu saya mencoba dengan belajar Unity3D. Masih belum sekomplit sekarang fiturenya. Kalau tidak salah masih versi 3 saya pertama belajar, sekarang Unity sudah versi 5 dan fiturenya sudah banyak. Sayang di Game Development saya tidak banyak mengeksplore karena tidak bisa game artis. Dan bulan-bulan kemarin pun saya mulai kembali memakai Unity3D karena kebutuhan tempat Prakerin, akhirnya saya ditempatkan di Game Programmingnya. Dan banyak banget yang saya pelajari ketika saya ditempatkan di game programming, baik hal programming di Unity, Game Artis, Animations sampai Game Desain.

Yah pertanyaan pertanyaan teman saya dulu pun sempat terjawab sekarang saya hanya bisa diam di tiga bidang itu antara mobile, web atau game development. Tapi setaun belakang ini saya malah banyak belajar teknologi yang lain juga. Seperti Data, ya data mining, open data sampai big data, walaupun belajar big datanya tidak sampai mengolah data yang besar. Selai itu di waktu senggang belajar juga teknologi yang lagi tren belakangan ini yaitu Internet of Thing, ya walaupun basic software belajar juga untuk hadrwarenya. Memang benar bicara soal IT itu luas. Bicara Web Development pun banyak teknologinya untuk back end atau pun front end. Kedepannya mungkin akan lebih mengerucut dalam satu bidang tapi jangan sampai meninggalkan bidang yang lain juga supaya tidak ketinggalan zaman. Karena ngobrolin teknologi itu tidak ada habisnya malahan setiap harinya ada saja yang baru dalam dunia teknologi.

Jangan lupa subscribe JANUARYAN.com dan CODEYAN.com untuk mendapatkan artikel terbaru seputar teknologi, games, programming, Virtual Reality, Insight, Ideation, Startup, Opinion dll. Ikuti kami juga di sosial media di Facebook JANUARYAN dan CODEYAN, GooglePlus JANUARYAN dan CODEYAN, channel Youtube Ryan RA dan Januaryan Games, di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @JanuaryanID dan @ranjaniryan.

Leave a Reply

