Project Managemen Tools dengan Trello


Project Managemen Tools dengan Trello - Trello

Mengerjakan Project tentunya sudah tidak aneh lagi untuk kalangan anak teknik, dari mulai project tugas besar kampus sampai project kerjaan. Tentunya untuk memanage project tersebut secara rutin terutama untuk sebuah team agak susah tanpa bantuan aplikasi. Sebelumnya memang kita bisa memanage kerjaan denganmenggunakan stiky atau kertas task dan di tempel di white board atau depan layar laptop atau computer. Di sisi lain agak sulit juga ketika mengerjakan dan memonitor seberapa aktif mengerjakan kerjaannya.

Tentunya untuk memanage kerjaan dibutuhkan project management tools yang dapat memonitor kerjaan. Akhirnya menemukan software project managemen tools yang dapat di andalkan yaitu Trello. Saya sendiri mengetahui trello tiga tahun yang silam, ketika sering baca-baca artikel. Dua tahun yang lalu pun akhirnya di bahas di mata kuliah, saying hanya sekitar tidak satu sks membahasnya. Padahal bagus untuk dipakai di dalam pengerjaan tugas besar di kampus.

Di tempat kerja magang pun saya memakai trello untuk memanage kerjaan. Dari sini saya malah banyak lebih tahu tentang project management tools, selain itu trello yang bisa di kolaborasikan dengan beberapa software pedukung seperti slack.

Akhinya dari situ malahan saya rajin untuk memakai trello sebagai project management tools. Di tambah di awal bulan Desember ada beberapa project yang harus kejar target dengan mahasiswa dari berbagai kampus, tentunya agak susah juga untuk memanage kerjaan. Sebagai pendukung, saya menggunakan trello juga. Dan di pertengahan desember pun, saya dengan beberapa teman sedang merintis juga. Bisa di katakana kita tidak mempunyai Kantor, masih virtual beberapa teman berada di luar kota, alhasil kerjaan pun memakai trello juga.

Trello merupakan sebuah layanan untuk mengorganisir kerjaan baik individu ataupun team. Selain enak untuk memanage kerjaan, trello juga dapat memonitor, mengontrol dan tentunya kolaborasi, Trello juga sistemnya realtime. Kalau belum kebayang trello ini seperti visrtual task. Seperti kita menempelkan ide, kerjaan dalam task atau kertas, terus kita tempelkan di dinding atau white board. Trello juga layaknya seperti todolist.

Fitur – fitur Trello

Fitur Board

Project Managemen Tools dengan Trello - welcome board trello

Fitur Board ini dimana ketika pertama membuka trello, akan disuguhkan dengan Welcome Board Trello. Di board ini kita bisa membuat list. Seperti yang dicontohkan di Welcome Board. Disini kita dicontohkan dengan beberapa task list Basic, Intermediete, dan Advance. Dan sebagai contoh kita juga bisa membuat task baru, selain itu kita juga bisa menginvite teman di board.

Fitur Card and List

Project Managemen Tools dengan Trello - board trello

Fitur ini bisa dikatakan seperti kita membuat task, sederhananya sepert membuat done, to-do, inprogress dan idea. Yang saya contohkan di atas adalah board dengan memakai metode srcum. Saya contohkan membuat card Sprint Planning. Di card ini bisa dimasukan juga dari mulai lebel, file attachment, checklist, due date, member dsb.

Fitur Profile

Project Managemen Tools dengan Trello - profile trello

Kalau fitur Profile ini seperti yang dilihat digambar, pasti sudah tau, seperi melihat aktivitas board, setting dll.

Sebenarnya menggunakan trello bukan sekdar untuk project team juga, bisa digunakan juga untuk blogging loh, maksudnya management blogging. Seperti memanage post blog, jadi kalau ada ide untuk blogging besok atau beberapa hari kedepan bisa juga memakai trello untuk disimpan di card. Selain itu bisa juga masukan card untuk resource-resource blog juga. Menarik kan menggunakan trello.

Selain fitur-fitur diatas masih banyak fitur trello yang menarik, untuk lebih jelasnya lansung coba Trello.com supaya bisa mencoba juga. Selain Trello masih banyak project management tools yang lain. Selain di web, trello juga sudah tersedia aplikasinya di Android dan iPhone. Nah jika ingin mencoba tapi belum kepikiran desain boardnya ingin disesuaikan sesuai kerjaan, trello juga menyediakan beberapa contoh board yang bagus untuk dijadikan contoh. Board-board tersebuat dikumpulkan di Inspiring Board. Semoga bermanfaat bahasan kali ini dan langsung coba juga.

https://trello.com/inspiringboards

Jangan lupa subscribe JANUARYAN.com dan CODEYAN.com untuk mendapatkan artikel terbaru seputar teknologi, games, programming, Virtual Reality, Insight, Ideation, Startup, Opinion dll. Ikuti kami juga di sosial media di Facebook JANUARYAN dan CODEYAN, GooglePlus JANUARYAN dan CODEYAN, channel Youtube Ryan RA dan Januaryan Games, di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @JanuaryanID dan @ranjaniryan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s