Microsoft Virtual Academy: Media Belajar Seputar Teknologi dari Microsoft


Microsoft Virtual Academy

Mungkin banyak dari kalian belajar bahasa pemprograman dari blog sampai Youtube atau Ebook, bisa juga dari course-course (video tutorial) dan untuk belajar dari course-course terbut harus mengeluarkan biaya yang cukup besar dan untuk membayar course tersebut harus menggunakan kartu kredit atau layanan pembayaran seperti Paypal. Ditambah untuk kalangan orang Indonesia membuat Kartu Kredit harus mempunyai penghasilan yang tetap, mungkin cukup sulit untuk orang-orang Indonesia terutama mahasiswa. Alternatifnya harus mencari course-course yang gratis dan tentunya tidak menggunakan kartu kredit atau layanan pembayaran lainya untuk mendapatkan course tersebut.

Microsoft Virtual Academy Media Belajar Seputar Teknologi dari Microsoft

Microsoft Virtual Academy (MVA) merupakan tempat belajar seputar teknologi bisa dikatakan juga tempat pelatihan online dari Microsoft dan tentunya gratis. Di MVA banyak course-course yang di sediakan dari mulai Web Development, Mobile Development sampai Internet of Things. Di MVA kalian bisa belajar Bahasa pemprograman dari mulai C#, Python sampai Javascript, dari membuat aplikasi mobile sampai belajar tentang Big Data. Di MVA juga bukan sekadar teknologi Microsoft saja yang di sediakan, ada Ubuntu Server, UX dan UI, Javascript sampai Hadoop untuk Big Data.

Microsoft Virtual Academy Media Belajar Seputar Teknologi dari Microsoft Course

Setiap course yang kalian ambil harus diselesaikan sampai selesai dan biasanya juga suka diselingi dengan Quiz. Setiap course yang di ambil biasanya disediakan juga dengan Handbook dan Sour Code. Kenapa harus diselesaikan sampai selesai? Ya karena setelah menyelesaikan course-course yang kalian ikuti akan mendapatkan point. Point-point ini akan di jumlahkan semuanya dan tentunya akan di rangkingkan, lumayan numpang eksis jadi Top Student. Selain point yang di dapatkan, kalian juga dapat sertifikat. Tentunya sertifikat dari Microsoft, kapan lagi dapat sertifikat gartis, lumayan buat nambah di CV, enaknya sertifikat yang kalian dapat bisa juga di panjang di Linkedin. Cukup hubungkan akun MVA dengan akun Linkedln kalian.

Tips : Jika merasa susah saat di pertengahan course, download terlebih dahulu course yang di ambil lalu tonton atau bisa juga mendownload Handbook jika disediakan di coursenya.

Microsoft Virtual Academy Media Belajar Seputar Teknologi dari Microsoft Webinars

Selain course-corse juga, kalian bisa mengikuti Webinars (Live Event) seperti seminar atau workshop online. Enaknya Webinars di MVA yaitu kalian bisa langsung tanya jawab seputar materi yang di jelaskan dengan para ahli teknologi. Di tambah saat mengikuti Webinars bukan hanya anda dari Indonesia saja, karena Webinars ini di adakan secara online tentunya anda akan belajar bersama peserta dari penjuru dunia. Setiap Webinar tentunya beda-beda materi yang di bahas dan tentunya harus mendaftar sesuai tanggal dan waktu yang di tentukan.

Kalau tidak salah dua tahun yang lalu pun saya mengikuti Webinars tentang Develop Game with Unity dan bisa dikatakan menarik, karena waktu itu Unity baru merilis feature 2D jadi materi yang di jelaskan Develop Game with Unity 2D. Setelah selesai Webinars beberapa hari kemudian instruktur permateri Webinars mengirimi saya email tentang materi Unity 2D dan beserta resource yang di pakai sewaktu Webinars. Enaknya para peserta juga diberi banyak kesempatan jika ingin konsultasi seputar game yang sedang di garap. Selain course-course, webinars, kalian juga bisa mendownload Ebooks secara gratis di MVA.

Untuk belajar di MVA tentunya kalian harus mendaftar dahulu. Untuk mendaftarnya cukup mudah, kalian harus mempunyai akun Microsoft terlebih dahulu. Untuk mendapatkan akun Microsoft kalian cukup mendaftar dengan membuat akun signup.live.com atau outlook.com . Setelah itu silakan langsung login ke Microsoft Virtual Academy.

Microsoft Virtual Academy Media Belajar Seputar Teknologi dari Microsoft Geeks Rock Start

Menarik bukan bisa belajar seputar teknologi-teknologi dari Microsoft secara gratis ditambah mendapatkan sertifikat gratis juga. Tambahan di MVA sekarang sudah tersedia course-course seputar Internet of Things (IoT), silakan pelajari juga teknologi IoT. Buat teman-teman jika merasa kesulitan dan ingin bertanya juga silakan hubungi saya lewat email Ryan(dot)Ranjani(at)studentpartner(dot)com dan silakan menuju Web mva.microsoft.com untuk belajar.

Jangan lupa subscribe JANUARYAN.com dan CODEYAN.com untuk mendapatkan artikel terbaru seputar teknologi, games, programming, Virtual Reality, Insight, Ideation, Startup, Opinion dll. Ikuti kami juga di sosial media di Facebook JANUARYAN dan CODEYAN, GooglePlus JANUARYAN dan CODEYAN, channel Youtube Ryan RA dan Januaryan Games, di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @JanuaryanID dan @ranjaniryan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s