Ghost Blogging Platform


Ghost Blogging Platform ranjaniryan

Sebagian bloggers mungkin belum banyak mengenal platform untuk blog seperti Ghost, mungkin sudah tidak asing lagi blogging menggunakan WordPress, Drupal, Joomla dsb. Ghost sendiri merupakan platform untuk blogging, mungkin masih asing di telinga. Ya Ghost bisa dibilang masih baru, tepatnya pada tahun 2013 perilisannya.

Ghost sendiri yang sudah saya jelaskan merupakan platform untuk blogging seperti WordPress. Ghost sendiri cukup berbeda dari WordPress. Anda tidak direpotkan lagi untuk mengatur widget atau pun menu. Ghost dikhususkan hanya sebagai blogging. Responsif, elegant, cepat, ringan dan bersih saat pertama kali mencoba Ghost, UI yang elegan, tidak ada iklan ataupun widget yang bisa mengganggu saat membaca.

Ghost dikembangkan dengan Node.js menggunakan Express.js. default Ghost untuk menyimpan konten dalam SQLite3, namun memiliki opsi MySQL serta dukungan untuk PostgreSQL dan Ghost juga menggunakan Knex.js.

Ghost Blogging Platform Editor

Seperti yang sudah di jelaskan bawa Ghost berbeda dengan WordPress. Jika anda menggunakan Medium untuk blogging, tentu ketika menggunakan Ghost sudah tidak asing lagi dengan editor-nya. Ghost sendiri menggunakan syntax yang dinamakan markdown syntax. Untuk penulisannya pun lebih mudah cukup mengenal Tags dalam penulisannya.

Permasalahan utama menurut saya blogging menggunakan platform Ghost adalah layanan hosting di Indonesia yang belum banyak mendukung NodeJS. Alternatifnya anda harus memakai layanan hosting luar negeri yang sudah banyak mendukung NodeJS. Untuk di Indonesia sendiri yang biasa saya pakai adalah layanan dari Cloud Kilat. Jika tidak ingin dipermasalahkan soal layanan hosting, anda juga bisa memakai layanan dari Ghost di tautan ini dan jika ingin menggunakan secara gratis layanan dari Ghost memberikan triali selama 14 hari. Saya sendiri menggunakan Azure untuk layanan hostingnya. Keep Blogging.

Jangan lupa subscribe JANUARYAN.com dan CODEYAN.com untuk mendapatkan artikel terbaru seputar teknologi, games, programming, Virtual Reality, Insight, Ideation, Startup, Opinion dll. Ikuti kami juga di sosial media di Facebook JANUARYAN dan CODEYAN, GooglePlus JANUARYAN dan CODEYAN, channel Youtube Ryan RA dan Januaryan Games, di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @JanuaryanID dan @ranjaniryan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s