Virtual Reality The Next Big Thing


Virtual Reality The Next Big Thing

Berbicara tentang teknlogi tidak aka nada habisnya, setiap waktu selalu ada teknologi baru yang lahir. Melihat kebelakang sebelumnya ketika teknologi di game, para gamers bermain game hanya menggunakan stick, keyboard ataupun yang bermain game mobile dengan menggunakan touch screen.

Begitu pun yang terjadi 3 tahun belakangan ini, teknologi Virtual Reality (VR) menjadi hangat dikalangan para gamer. Ya, Virtual Reality merupakan revolusi dari Augmented Reality (AR) yang sebelumnya sudah memprediksi bahwa Augmented Reality akan menjadi awal teknologi untuk kedepannya.

Oculus Rift
Oculus Rift

Mendengar VR mungkin masih terdengar baru dikalangan masyarakat, terutama di kalangan non geek  Salah satu pelopor VR di dunia adalah Oculus Rift. Oculust Rift merupakan perusahaan teknologi yang mengembangkan device kacamata, tentunya bukan seperti kaca mata yang suka di pakai juga. Ketika memakai Oculus Rift, anda akan masuk seperti kedunia yang berbeda, contohnya ketika anda bermain game 3D, ketika memainkan dengan memakai Oculus Rift, anda akan masuk seperti ke dunia game sesungguhnya. Selain itu Oculus Rift memungkinkan anda melihat secara 360 derajat, ya pergerakan kepala juga mempengaruhi apa yang kita lihat dilayar yang seolah-olah kita masuk kedunia tersebut.

Pengalam saya memakai Oculus Rift pertama kalinya, terasa saya sedang masuk kedunia tersebut, betapa tidak ketika saya melihat kiri kanan atas bawah, bisa melihat di sekeliling kita secara 360 derajat. Untuk pertama kali bagi anda yang memakai device VR seperti Oculus Rift akan terasa pusing dan ingin muntah, mungkin jika ingin menantang coba game seperti Roller Coster dan rasakan bagaimana setelah anda mencobanya.

Dengan berita Oculus Rift versi terbaru beberapa bulan kemarin dan dilakukan secara pre-order dari minggu kemarin dengan harga 699 dolar, soul-out dalam waktu belasan menit. Bisa dibilang VR masih diminati oleh para techie, early adopter dan terutama untuk para gamer. VR sendiri masih belum tersebar luas, hanya orang-orang tertentu saja yang ingin mencobannya.

Google Cardboard
Google Cardboard

Perusahaan teknologi lain yang meluncurkan device dengan adaptasi VR yaitu Google. Ya dengan Google meluncurkan Google Cardboard dengan harga yang murah, menjadi semakin ramai teknologi VR untuk bisa dirasakan oleh masyarakat luas. Bukan hanya Google yang meluncurkan teknologi VR, dan beberapa perusahaan yang akan beradaptasi dengan teknologi VR yaitu Mozilla meluncurkan Mozilla VR, Microsoft dengan Microsoft VR dan beberapa hari kemarin layanan social media photo Flickr mengadaptasi VR juga yaitu Flickr VR. Banyaknya perusahaan yang mengadopsi VR, semakin besar kesempatan masyarakat merasakan VR dalam kehidupan sehari-hari.

Microsoft VR Kit
Microsoft VR Kit

Dengan banyaknya perusahaan mengadaptasi teknologi VR, semakin bagus peluang masyarakat juga bisa mengenal VR untuk di pakai dalam kehidupan sehari-hari. Nah bagaimana dengan kalian tertarik belajar teknologi Virtual Reality juga? Alangkah baiknya kita juga belajar teknologi VR, jika sebagai programmers mencoba juga untuk membuat game sederhana dengan memanfaatkan software bantuan VR seperti Google Cardboard SDK atau Oculus SDK. Tidak perlu terburu-buru, investasikan waktu untuk belajar, mungkin bisa minggu depan, bulan depan atau tahun depan mempelajari VR.

Jangan lupa subscribe JANUARYAN.com dan CODEYAN.com untuk mendapatkan artikel terbaru seputar teknologi, games, programming, Virtual Reality, Insight, Ideation, Startup, Opinion dll. Ikuti kami juga di sosial media di Facebook JANUARYAN dan CODEYAN, GooglePlus JANUARYAN dan CODEYAN, channel Youtube Ryan RA dan Januaryan Games, di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @JanuaryanID dan @ranjaniryan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s