Berkenalan Dengan Windows Azure


azure

Mendengar nama tentang Windows Azure mungkin masih terasa asing untuk orang IT. Windows Azure merupakan sebuah platform Cloud Computing dan Infrastruktur dari Microsoft. Windows Azure layaknya seperti Cloud Layer yang mengatur berbagai server di datacenter Microsoft. Dengan Windows Azure kita bisa membuat, mengembangkan, dan menjalankan aplikasi web yang berjalan di datacenter milik Microsoft.

Windows Azure pertama kali diperkenalkan pada tahun 2008. Mungkin kebanyakan orang lebih mengenal Amazon Web Service (AWS) dibandingkan dengan Windows Azure *No Promotion*. Ya, AWS lebih dulu hadir dibandingkan Azure. Windows Azure tidak seperti dulu lagi dan sekarang Windows Azure teknologinya terus dikembangkan sesuai dengan kebutuhan infrastruktur. Windows Azure sekarang mempunyai banyak fitur seperti yang terbaru yaitu Internet of Things.

Beberapa fitur utama yang disediakan Windows Azure :

  • Virtual Machine (VM): Untuk mendeploy VM. Windows Azure sudah mendukung VM berbasis Linux, jadi selain Windows Server anda juga bisa memakai layanan VM berbasis Linux seperti Ubuntu, Debian……Selain itu Windows Azure juga menyediakan berbagai images VM.
  • Web Sites (Web Hosting) : Untuk membuat website sederhananya menyimpan data website di cloud.
  • Cloud Service: Layanan ini adalah layanan cloud server untuk mendeploy dan menjalankan berbagai aplikasi web dengan teknologi cloud.
  • Mobile Service: Menyediakan infrastruktur cloud untuk mengembangkan aplikasi mobile.

Selain fitur utama, tentunya masih banyak fitur yang disediakan oleh Windows Azure seperti Data Service, App Service, Batch Service, Network Service, Internet Of Things, Analytic dll. Perlu di ingat juga Azure mempunyai dua Portal yaitu Portal Manage (portal yang dulu) dan Portal Preview. Dimana Portal Preview mempunyai lebih banyak fitur.

Untuk lebih mengetahui lebih jelas silakan kunjungi website resmi Windows Azure. Dan kedepannya saya juga akan membahas dari membuat Website menggunakan Windows Azure, Virtual Machine, Azure Machine Learning sampai menghubungkan Hardware dengan Windows Azure (IoT)

Jangan lupa subscribe JANUARYAN.com dan CODEYAN.com untuk mendapatkan artikel terbaru seputar teknologi, games, programming, Virtual Reality, Insight, Ideation, Startup, Opinion dll. Ikuti kami juga di sosial media di Facebook JANUARYAN dan CODEYAN, GooglePlus JANUARYAN dan CODEYAN, channel Youtube Ryan RA dan Januaryan Games, di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @JanuaryanID dan @ranjaniryan.

Advertisements

One thought on “Berkenalan Dengan Windows Azure

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s