Deploy WordPress Using Windows Azure


Deploy WordPress Using Windows Azure - ranjaniryan

Seperti yang sudah saya bahas tentang Windows Azure, Windows Azure adalah sebuah platform Cloud Computing dan Infrastruktur dari Microsoft. Windows Azure layaknya seperti Cloud Layer yang mengatur berbagai server di datacenter Microsoft. Dengan Windows Azure kita bisa membuat, mengembangkan, dan menjalankan aplikasi web yang berjalan di datacenter milik Microsoft. Untuk lebih jelasnya silakan baca tautan Windows Azure. Dalam bahasan kali saya akan membahas cara membuat website dengan memakai layanan WordPress dengan Windows Azure.

Pertama buka halaman https://manage.windowsazure.com/. Setelah itu klik Create di bagian bawah. Lalu pilih Compute -> Web App. Setelah memilih Web App akan tersedia tiga pilihan yaitu Quick Create yang berati kita akan membuat Web dari pertama yaitu Web masih blank/kosong, Custom Create yaitu membuat Web yang sudah disediakan disini biasnya memakai Web Framework atau Web Themplate dan From Gallery yaitu kita membuat Web yang sudah disediakan kita tinggal mengcustom, kebanyakan di From Gallery yaitu CMS. Karena kita akan menjalankan WordPress di Azure, maka kita pilih From Gallery.

Deploy WordPress With Azure-1

Setelah memilih From Gallery akan akan keluar tampilan seperti dibawah. Lalu pilih CMS, disini akan banyak pilihan lalu pilih WordPress dan klik dibagian bawah kanan tanda panah.

Deploy WordPress With Azure - 2

Dihalaman ini isi kolom domain untuk halama url website yang akan dibuat [yoursite].azurewebsites.net seperti contoh yaitu [ryansite].azurewebsites.net. Pastikan nama domain tersedia. Untuk kolom Database karena membuat dari pertama dan DB belum tersedia maka biarkan kolom DB akan memilih Create a new MySQL database. Untuk bagian kolom WEBSCALEGROUP biarkan secara default. Dan kolom Deployment Settings juga biarkan saja karena bisa mengaturnya belakangan. Dan klik tanda panah.

Deploy WordPress With Azure-3

Selanjutnya di halaman berikutnya kita akan membuat DB baru, jika ingin mengganti nama databse silakan pilih sesuai yang di inginkan. Dan di kolom Region pilih wilayah yang dekat atau target web kita untuk dipublish. Seperti contoh saya sendiri memilih Southeast Asia karena target pembaca masih di wilayah Indonesia. Lalu dibagian bawah ceklis kotak I agree to ClearDB legal terms. Dan klik tanda panah dibawah kanan.

Deploy WordPress With Azure-4

Tunggu beberapa saat hingga Azure selesai mendeploy WordPress.

Deploy WordPress With Azure-5

Dan WordPress pun selesai di buat.

Deploy WordPress With Azure-6

Setelah itu klik Web ryansite yang telah kita buat jika ingin melihat Dasboard dan klik bagian url site jika ingin langsung ke halaman website.

Dibagian halaman Dasboard Web Apss disini terdapat beberapa settingan untuk Website yang kita buat, seperti update PHP, Web Socket, Custom Domain, Deploy website dengan Git,  sampai setup Database

Deploy WordPress With Azure-7

Untuk ke halaman website yang telah kita buat. Bisa klik di Dasboard Azure atau langsung menuliskan alamat website [yoursite].azurewebsites.com. Dibagian ini karena masih baru dibuat maka perlu di install terlebih dahulu layanan WordPress yang akan dipakai. Pilih Bahasa sesuai yang akan digunakan untuk tampilan Dasboard Website. Lalu kik Continue.

Deploy WordPress With Azure-8

Selanjutnya Isi kolom Judul Website, username, password dan mail lalu klik Install WordPress.

Deploy WordPress With Azure-9

Setelah berhasil, maka akan muncul pemberitahuan Success dan silakan Login. Tampilan Dasboard dengan memakai layanan WordPress, disini terdapat beberapa pengaturan seperti mengatur thema, widget, plugin, menu, untuk membuat postingan dll.

Deploy WordPress With Azure-13

Untuk melihat halaman website yang telah dibuat dengan memakai layanan wordpress silakan menuju url website [yoursite].azurewebsites.net seperti contoh http://ryansite.azurewebsites.net .

Deploy WordPress with Azure-12

Jangan lupa subscribe JANUARYAN.com dan CODEYAN.com untuk mendapatkan artikel terbaru seputar teknologi, games, programming, Virtual Reality, Insight, Ideation, Startup, Opinion dll. Ikuti kami juga di sosial media di Facebook JANUARYAN dan CODEYAN, GooglePlus JANUARYAN dan CODEYAN, channel Youtube Ryan RA dan Januaryan Games, di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @JanuaryanID dan @ranjaniryan.

Advertisements

2 thoughts on “Deploy WordPress Using Windows Azure

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s