Backup XAMPP Secara Total Tanpa Software


backup xampp

Untuk seorang developer (pengembang apliksai) untuk membackup semua databasenya yang berada di xampp tentu bukan hal sulit. Beberapa tips mungkin mudah dengan cara menginport satu-satu database yang berada di computer. Tapi bagaimana untuk orang awam yang baru memakai dan tanpa kita ketahui laptop atau komputer harus di instal ulang.

Permasalahan itu pun kadang suka lupa leh developer yang sudah terbiasa memakai xampp. Tanpa sengaja setelah install ulang folder xampp harus terformat yang berada di drive C. Setelah install ulang kita pun harus mengexport satu-persatu database ke phpmyadmin. Sungguh mereportkan juga harus mengimport lalu mengexport kembali database. Ada beberapa tips yang akan dibahas supaya database anda dapat dengan cepat membackupnya.

Mengenal Cloud Computing Dengan Office 365

Untuk membackup database tidaklah terlalu sulit untuk yang pertama kali memakai, ya cukup mudah dan bias dikoneksikan kembali database dengan project web anda tanpa perlu repot-repot, yang pastinya tidak perlu memakai software ataupun tools untuk bantuan membackupnya.

Yang pertama dengan memindahkan folder xampp yang berada di C ke drive D atau cukup juga dengan memindahkan folder htdoc yang berada di dalam folder xampp ke drive D dan xamm pun sudah terbackup tidak terlalu repotkan.

Yang kedua dengan cara pada saat install software xammp, tujukan folder install yang biasanya di C pindahkan directorynya ke drive D supaya lebih aman dan tidak perlu memindahkan kembali pada saat install ulang komputer karena folder xampp berada di drive D.

Metro Studio Store Untuk Style Icon

Cukup mudah bukan? Seperti yang kita ketahui bahwa xampp adalah software portable yang artinya tanpa kita install pun sudah bias di run(di jalankan). Sederhananya folder xampp walaupun sudah dipindahkan dari satu computer ke computer lain atau dipindahkan dari drive C ke drive D maih bias dijalankan.

Membackup dengan cara memindahkan folder xampp ini walaupun mudah dan cepat, tapi masih bias beresiko pada pembaruan system atau pembaruan software karena dengan pembaruan system tersebut akan berpengaruh juga pada kode website. Seperti yang kita ketahui Xampp versi terbaru sudah mensupport dengan PHP7. Itu pun bias berpengaruh ketika terakhir xammp yang dipakai versi sebelumnya akan berpengaruh juga pada kode website yang anda buat.

Membackup dengan cara ini tentu bukan hal salah, karena dengan tips membackup cara ini cukup ampuh dan pastinya tidak  perlu repot-repot lagi harus satu-satu import dan export database lagi. Bagi anda yang baru memakai xampp bisa coba juga membackup database dengan memakai tips ini.

Jangan lupa subscribe JANUARYAN.com dan CODEYAN.com untuk mendapatkan artikel terbaru seputar teknologi, games, programming, Virtual Reality, Insight, Ideation, Startup, Opinion dll. Ikuti kami juga di sosial media di Facebook JANUARYAN dan CODEYAN, GooglePlus JANUARYAN dan CODEYAN, channel Youtube Ryan RA dan Januaryan Games, di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @JanuaryanID dan @ranjaniryan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s